Kopi murah 10 ribuan di banjarmasin. Disini tempatnya

Roma Van Banua. Banjarmasin rasa Italia.

Ya, akhir-akhir ini beberapa kedai kopi baru bermunculan di Banjarmasin. Dalam radius yang tidak terlalu luas saja ada 2 atau 3 kedai kopi baru. Di satu sisi ini memanjakan para penikmat kopi dengan makin banyaknya pilihan. Di sisi lain, makin banyaknya kedai kopi berarti persaingan bisnis yang makin ketat.

Kali ini saya berkesempatan mencicipi salah satu kedai kopi yang baru buka awal 2019 lalu. Kedai bertajuk Metafora Kopistik ini terletak di Jl. Pulau Laut, RT.03/RW.01, Antasan Besar, Kota Banjarmasin. Agak susah mencarinya karena kedainya yang kecil dan tidak mencolok. Dari pertigaan SPBU Jalan S. Parman, masuk Jalan Pulau Laut. Setelah 300 meteran berhenti,  tengok ke kanan ada kantor notaris (Pejabat Pembuat Akta tanah) Methodius Mario Salim S.H. Nah sekarang tengoklah ke kiri. Metafora Kopistik tepat di seberang kantor notaris itu.

Tampak depan

Saya tidak akan membahas namanya yang unik ini. Entah apa pula maksud pemilik kedai dengan nama tersebut. Dari nama saja sudah rumit dan berfilosofi. Saya malas berpikir dalam-dalam.

Oke, jadi dari pandangan sekilas, untuk tempatnya bisa dikatakan seadanya. Benar-benar sederhana dan minim interior. Tempat duduk dan meja terbuat dari kayu. Kayu tanpa amplas dan pelitur. Yang dikerjakan layaknya membangun perancah kayu pada konstruksi bangunan. Kasar. Pun begitu dengan meja kasir dan dapurnya. Dibangun dengan bahan yang sama. Sempit, dan sedikit kusam. So, bagi adek-adek yang ingin ngopi sambil foto cantik instagrammable, lupakan tempat ini.

Hei tapi ada yang manis di salah satu dinding kedai ini. Tampak dipajang beberapa album CD dari band lokal. Tampilan cover dan kemasan CD cukup menarik. Tapi saya kesini untuk minum kopi, bukan mendengar musik.

Meja, kursi, dan CD band

Saya menuju kasir, memesan minuman. Penjaga kedai menunjukkan daftar menu di dinding belakang meja. Daftar menu ditulis pada sebuah papan triplek, dengan tulisan berantakan.  Sepertinya kedai ini konsisten dengan kesederhanaan dan seadanya. Saya memesan es kopi susu.

Baiklah, pesanan datang. Gelas plastik berisi cairan berwarna coklat muda dan es batu. Beserta sebatang sedotan.  Mencoba melupakan semuanya saat cicipi es kopi susu ini. Apakah rasanya sesederhana kedainya. Sesapan pertama, hmm rasanya cenderung pahit. Saya kocok, supaya gulanya tercampur. Sesapan kedua, terasa lebih manis dari yang pertama. Rasa pahit espresso terbayang samar. Enaaak. Cocok dengan selera saya.

Ini benar sesuai judul. Es kopi susu. Dengan base espresso, ditambah susu full cream, gula dan es batu. Rasa pahit kopinya kuat, susunya gurih, dan gulanya pas. Karena saya dulu di tempat lain pernah pesan kopi susu , eh begitu diseruput yang terasa malah susu kopi. Dengan gula yang terlalu dominan.

Saya ngobrol-ngobrol dengan penjaga kedainya. Memang awalnya ini dari ide bersama-teman-teman se-geng. Mereka sering nongkrong di kedai kopi, punya orang lain. Lalu muncul ide, kenapa gak bikin tempat nongkrong sendiri. Seadanya dulu, yang penting segera berdiri dan jalan. Dan jadilah Metafora Kopistik ini.

Dari segi harga cukup murah. Harga menunya 10-15 ribuan. Menyediakan juga menu non kopi sepeti milk shake, matcha, dan teh. Dengan citarasa yang enak dan harga murah, kedai ini layak dicoba. Bonusnya bisa ngobrol hangat dengan penjaga kedai. Terus terang, dari segi tempat sedikit kurang nyaman. Tapi  termaafkan dengan kopi enak, harga ramah kantong, dan obrolan hangat penjaga kedai.
 
Es Kopi Susu : Rp. 10.000
Lokasi : https://goo.gl/maps/9PLLiQFLgC9LovHe9
Plus :
harga bersahabat, rasa nikmat, penjaga ramah
Minus :
parkiran sempit, sedikit gerah saat siang hari.
Jam buka :
14.00-24.00 (weekday), 17.00-02.00 (weekend)
Instagram :
metaforakopistik.coffe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories