August 14, 2011 | Posted in:Inspirasi

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar – Malam lailatul qodar adalam malam yang sangat mulia dan di idam-idamkan oleh setiap orang.  Malam yang penuh berkah dan ampunan. Malam yang lebih mulia dari pada 1000 malam, sungguh sangat istimewa.  Simak terus ulasan Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar.

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar

tanda-tanda malam lailatul qadharTanda-tanda malam Lailatul Qadhar – Sekarang pertanyaannya adalah kapan malam lailatul qodar itu jatuh? Pertanyaan yang selalu membayangi pikiran kita. Malam lailatul qodar jatuh pada salah satu hari pada 10 hari terakhir bulan ramadhan. Tanggalnya pun tidak jelas entah kapan? Hal itu di karenakan agar kita sebagai umat muslim di dunia ini berlomba lomba untuk beribadah sebanyak mungkin di 10 hari terakhir bulan ramadhan. Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar.

Nabi Muhammad SAW pernah mengabarkan kepada kita di beberapa sabda beliau tentang tanda-tandanya. Dan tanda-tanda akan datangnya malam lailatul qadar menurut Rasulullah SAW dan bisa kita yakini sebagai Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar adalah sebagai berikut :

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar

1. Udara dan suasana pagi yang tenang

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah” (Hadist Hasan).

2. Cahaya matahari lemah, cerah tapi tak bersinar kuat keesokan harinya

Dari Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Keesokan hari malam lailatul qadar adalah matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan” (HR Muslim).

3. Terkadang terbawa ke dalam mimpi

Seperti yang terkadang dialami oleh sebagian sahabat Nabi radliyallahu’anhum tentang malam lailatul qadar ini.

4. Bulan nampak separuh bulatan

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar – Abu Hurairoh radliyallahu’anhu pernah bertutur: Kami pernah berdiskusi tentang lailatul qadar di sisi Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, beliau berkata, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR. Muslim).

5. Udara dan angin sekitar terasa tenang

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar – Pada malam lailatul qadar ini akan terasa malam yang begitu terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan). Sebagaimana sebuah hadits, dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam: “Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)

6. Malaikat menurunkan ketenangan pada malam ini

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar – Orang yang beribadah pada malam lailatul qadar akan merasakan lezatnya ibadah, ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Rabb-nya, tidak seperti malam-malam lainnya. Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar

Wallahua’lam.
Referensi: * Majalah Adz-Dzakiroh * 30 Tema Pilihan Kultum Romadhon Berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah oleh Abu Bakr Muhammad

Tanda-tanda malam Lailatul Qadhar

Be the first to comment.

Leave a Reply

*


ERROR: si-captcha.php plugin says GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why GD image support is not enabled for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin says imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why imagepng function is not enabled for PHP.


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>