Kisah Cinta yang Mengharukan – Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

Cerita ini konon menjadi asal mula berdirinya candi Prambanan di Jawa Tengah. Cerita berawal dari perjodohan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso oleh ayah Roro Jonggrang sendiri yang bernama Raja Boko. Karena dengan alasan tidak cinta, Roro Jonggrang pun menolak pinangan Bandung Bondowoso.

Ayahnya yang saat itu memaksa, akhirnya berhasil membujuk Roro untuk menerima pinangan lelaki yang tidak dicintainya tersebut. Tetapi Roro tidak kehilangan akal. Ia berusaha sebisa mungkin mempersulit Bandung untuk melamarnya.

Roro Jonggrang kemudian meminta Bandung Bondowoso untuk mendirikan seribu candi hanya dalam waktu yang sangat tidak masuk akal, satu hari satu malam.

Bandung Bondowoso yang memang sudah terlanjur mencintai Roro Jonggrang akhirnya menyanggupi syarat yang diberikan tersebut.

Bandung Bondowoso yang memang seorang sakti, kemudian meminta bantuan kepada makhluk halus untuk ikut serta membangun candi yang diisyaratkan Roro Jonggrang.

Melihat Bandung mampu memenuhi syarat yang diajukan, Roro Jonggrang yang memang tidak mencintai Bandung pun kembali memutar otak. Ia kemudian membangunkan hewan-hewan yang biasanya hadir menandakan datangnya pagi.

Mengetahui bahwa hal itu hanyalah rekayasa Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso yang saat itu sudah menyelesaikan 999 candi pun murka. Dengan kesaktiannya, ia kemudian merubah Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000.

Kegigihan Bandung dalam mendapatkan hati Roro Jonggrang ternyata tidak berbuah manis. Usahanya sia-sia dan kisah cinta mereka berakhir dengan tidak bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories