Ada 7 Kedai Kopi Baru di Banjarmasin. Yuk Intip

Roma Van Banua
Banjarmasin Rasa Italia

Bisnis kopi di Banjarmasin sedang naik daun. Banyak kedai kopi baru yg buka. Persaingan makin keras. Sejak akhir 2018 hingga Juni 2019, dalam catatan saya ada beberapa kedai kopi baru yang memulai bisnis. Yuk intip satu-satu.

1. Tawerna
Berlokasi di Jalan Bali No.50, Banjarmasin Tengah. Rasa kopi lumayan. Tempat juga nyaman, ber-AC dengan pencahayaan terang. Disediakan juga ruangan outdoor dengan beberapa bangku. Cukuplah jika ingin berfoto ria untuk posting Instagram. Harga standar, 15-25 ribuan. Oiya, ada jajanan telur gulung disini. Dicicip juga ya. Nilai lebih kedai ini adalah coretan-coretan di dindingnya. Ada yg tulisan anonim, ada pula yg mengutip tulisan penyair terkenal. Puas-puasin deh baca coretan dindingnya. Dari yang guyon receh jayus hingga yang punya makna dalam.

Instagram : @tawerna.coffee

2. Metafora Kopistik 
Kedai satu ini terletak di Jalan Pulau Laut. Mereka punya kopi manual brew yang enak, kopi susunya juga enak. Tapi tempatnya mirip Pos Kamling. Rada sempit dan gerah. Harga murah, mulai 10 ribu-15 ribu. Boleh saya katakan ini kopi yang bikin mikir. Dari namanya saja sudah Metafora.. entah metafor dari hal apa yang merepresentasikan tampilan kedai kopi ini. Buat tempat nongkrong se-komunitas mereka. Anak band indie tampaknya. Cukup ramai pengunjung hingga larut malam. Banyak yang ngobrol-ngobrol, tapi saya kesini buat ngopi, dan kopi mereka enak. Itu sudah cukup.

Instagram : @metaforakopistik.coffee

3. Stay With Me 
Yang ini tidak jauh juga dari dua tempat diatas. Terletak di sebelah Barat masjid Sabilal Muhtadin. Di deretan ATM Mandiri Drive Thru.
Baik, langsung saja. Kopinya enak, americano dan kopi susu signature SWM enak banget. Setiap pesen americano saya selalu minta double shot. rugilah kalo cuman satu, mumpung enak nih. Tempat nyaman, cozy. Bersih dan pencahayaan terang. Ada yang indoor, ada juga outdoor dengan meja dan kursi kayu. Harga rada mahal. 20  ribuan keatas.  Yeah, sepadan.
Kalo laper dan butuh makanan berat tidak perlu khawatir, ada penjual ricebowl di halaman depannya.

Gak tahu kenapa, tiap kesini saya merasa level kegantengan saya jadi naik 2 tingkat. Atmosfernya beda disini.

Tapi itu bukan bagian paling asyik. Moment terbaik disini itu ketika saya pesen americano, lalu adzan berkumandang. Saya memandang ke kubah Sabilal Muhtadin, trus bilang ke barista, ” mas saya tinggal dulu ya.”
Kemudian ikut sholat jamaah. Sujud. Kembali ke Stay With Me dengan perasaan lega, dan menemukan segelas americano sudah tersaji di meja.

foto : Instagram @staywithme.bjm

4. Relation coffe 
Kalo yang ini rada jauh dikit, di Jalan Kinabalu no 07. Tempatnya cukup nyaman dan terang. Bagian dalam lumayan lapang. Cukup leluasa untuk menampung banyak geng-mu jika rame-rame kesini. Rasa kopinya enak.. (ah kayaknya semua kopi enak deh hehehe). Nilai plusnya barista dan beberapa crew santai diajak ngobrol. Saya ngobrol lama dengan mereka. Menyenangkan sekali bertukar pikiran tentang bermacam hal. Kopi, Banjarmasin jaman dulu, sungai hingga masalah sampah. Selain kopi ada snack dan mie instan juga.

foto : instagram @relation.coffee

5. Biji Kopi
Ini di  Jalan Saka Permai. (Biji Kopi 2) Ini menurut saya pribadi ya. Pencahayaan kurang, kesannya jadi remang-remang. Gak suka dengan lampunya. Kopinya biasa aja. Tempat juga biasa. Harga murah. 10 ribuan. yang tubruk 5 ribuan. Gak ada yang berkesan bagi saya di sini. Mungkin yang patut dicoba adalah biji bean lokal Kalimantan, Aranio dan Pengaron.

foto : Instagram @biji_kopi_2

6. Whisper Coffe
Whisper berada di Jalan S. Parman. Sebelah fotokopy Kodim. Menu utama kopi dan burger. Kopi enak, gausah ditanya. Saya cobain burgernya, hmm enak kok, potongan patty-nya tebel. Disajikan panas mengepul dengan aroma smokey dari daging yang dipanggang. Tenang, harga standar kok. Tempat biasa sih. Agak sempit di bagian dalam. Terdia kursi juga di halaman.

foto : instagram @whisper.coffeeandburger

7. Moela
Tetanggaan sama Relation Coffe. Kurang lebih 500 meteran. Di perempatan Mulawarman. Sedia kopi dan snack. Kopinya belum coba. Kemaren saya mampir cobain Matcha, enak kok. Tempat biasa, mirip Whisper. Tapi lebih luas dan lapang. di dalam dipajang beberapa poster/lukisan. Harga standar. Kapan-kapan akan kesini lagi nyobain kopinya.

foto : Instagram @moela.coffee

Semuanya ini brand lokal Banjarmasin, bukan waralaba. Bayangin, dalam waktu sebentar saja, muncul 7 kedai baru. Dan itu  jaraknya gak terlalu jauh. Sebagai konsumen tentu saya merasa senang, makin banyak pilihaan . Semoga konsumen kopi di Banjarmasin juga makin berkembang


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories