Avengers: End Game (Review 2)

Hafiiz Yusuf

Bagian 2 : Captain Marvel, Feminisme dan Sutradara

Cowok itu pikirannya mesum melulu ya?

jadi begini rekan-rekan, saat trailer End Game muncul, para fans agak ribut. Selain meributkan alur cerita, ada juga keributan kecil. Yaitu perbedaan penampilan Carol Danver ( Captain Marvel). Di film Captain Marvel (2018), Carol digambarkan sebagai sosok wanita tangguh. Tidak tunduk pada hierarki patriarkis. Sebagai sosok wanita yang memegang kontrol, Carol berpenampilan sekehendak dia. Memakai make up minimalis natural. Dengan pakaian casual bertopi.

Carol Danvers/Brie Larson dalam Captain Marvel

Saat trailer End Game muncul, fans Carol kaget. penampilannya sedikit berbeda. Carol tampak terlihat dengan lipstik merah dan eyeliner. Degan pakaian yang lebih ” terbuka”.


Carol Danvers/Brie Larson dalam End Game

Penggemar banyak yang bertanya-tanya? mengapa Penampilan carol berubah? Mana mungkin ketika bumi sedang di ujung kehancuran, Carol masih sempat berdandan? Isu tentang feminisme kembali menyeruak.

Salah satu yang dituding adalah faktor sutradara. Perlu diketahui film Captain Marvel (2018) disutradarai Anna BodenRyan Fleck . Duo sutradara yang salah satunya wanita dianggap mampu mengeluarkan karakter Captai Marvel sebagai sosok wanita tangguh. Yang tidak menjual kecantikan semata.

Sedangkan End Game disutradarai  Anthony RussoJoe Russo dua bersaudara yang cowok semua. Fans menuding sutradara yang cowok itu merubah penampilan Carol supaya lebih menarik dilihat, supaya lebih cantik. Supaya lebih menyenangkan mata penonton laki-laki.
Russo bersaudara sendiri menjawab bahwa ide perubahanpenampilan itu datang dari Brie Larson sendiri sebagai pemerannya.

Apapun itu, make up tentu tidak membuat wanita atau pria menjadi lemah. Superhero tetap superhero. Status sebagai seorang wanita tangguh tidak dilihat dari penampilan wajahnya atau keseksian tubuhnya. Wanita tetap bisa menjadi kuat dengan atau tanpa make up.
Di satu sisi tampil cantik adalah hak bagi masing-masing wanita. Sebagai individu independent yang tidak tergantung siapapun dan berhak menentukan pilihannya sendiri. Pakai lipstik merah marun atau lipstik warna pink. Terserah gw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories