Hidup itu bukan untuk bahagia tapi…

By Source, Fair use, Link
 "Kejarlah kebahagiaanmu" 

Dan itu menurutku kurang tepat.
Banyak temen yang bilang, “kejarlah kebahagiaanmu.” Ada filmnya juga.
The Pursuit of Happyness (2006) dibintangi Will Smith. Baguss film-nya, kalo sampe gak terharu patut dicurigai hatinnya sudah berkerak.
Ada juga temen ngomong, “jangan mengukur kebahagiaan semata dengan uang.” Karena uang itu angka, dan angka gak ada habisnya. Jadi kalo ngejar kebahagiaan dari uang. Ya gak bakalan nyampe. Uang iki bisa diartikan materi secara luas. Yah seperti istilah lama. Harta, Tahta, Gustika

Lah gimana sih?? terus kalo gak bahagia, apa dong tujuan hidup?
Menurutku tujuan hidup itu bermanfaat. Useful. Berguna bagi diri sendiri, lalu berguna bagi orang lain.
Dalam konsep penganggaran ada istilah output dan outcome. Bahwa anggaran yang dikeluarkan gak sekedar menghasilkan output. Tapi juga ada outcome.
Sedangkan dalam konsep Islam ada istilah berkah. Keberkahan. Mbarokahi. Maksudnya suatu materi tidak dilihat dari segi besar/kecilnya ukuran fisik atau nominal. Tapi juga efek kemanfaatan dari materi tersebut. Misal nih, dapat duit 10.000, dibeliin nasi bungkus. Penjual nasi senang, mendoakan baik-baik si pembeli. Si pembeli makan nasi kenyang, badannnya sehat, dapat bekerja keras menghidupi keluarganya. Kurang lebih seperti inilah.

Kenapa kok bermanfaat? Bukan bahagia?.
Bentar-bentar, jangan salah. Bahagia itu penting kok. Bahagia itu perlu dikejar. Tapi menurutku itu bukan tujuan akhir. Bukan semata-mata. Okelah, kamu bahagia, selanjutnya gimana supaya kebahagiaanmu itu bermanfaat buat yang lain. Untuk keluarga, bermanfaat untuk teman, desa dst

Oke, kamu sudah bahagia. Kira-kira berguna gak bagi orang lain?
“Walah mas, aku cuman orang biasa, bisa berguna apa? “
“Sudah bisa gak nyusahin orang tua aja sudah bersyukur sekali.”
Tak perlu muluk-muluk. Tiap Kamu nemu sampah trus masukin tong sampah itu berguna lho. Mempermudah kerjaan petugas cleaning.
Kamu bukain pintu dan nahan pintu buat ibu2 muda yg bawa barang banyak juga berguna.
Banyak . ya sesimpel itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories