Jangan Lelah Berbuat Baik

Oleh : Pandu Aranio

… Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula..

Ini cerita beberapa tahun tahun lalu. Seorang kawan dari Jakarta datang ke kota ini karena urusan pekerjaan. Begitu sampe, ia langsung ngajak ketemuan. Saat itu saya dan istri bertemu dengannya di sebuah mall. Saya ditraktir makan di food court. Kamudian lanjut nonton film, dia juga yg bayarin. Sebagai tuan rumah tentunya sejak awal saya yang ingin menjamunya. Tapi dia bersikeras bayarin semuanya. Saya jadi sungkan (walaupun dalam hati teriak asyyiik , lumayan nih. Saya suka Geratisss).

Setelah pulang dan sampai rumah, saya sms dia. Mengucapkan terima kasih dan mengancam  kalo main ke kota ini lagi harus saya yang traktir dia, dengan nada bercanda tentunya.

Balasan dia sungguh mengejutkan.

” Justru saya yang berterima kasih sama kamu Pandu, tanpa kamu saya gak akan mungkin jadi seperti ini”  

“Hah?”

Perasaan tadi kami minum es jeruk dan cappucino aja, gak ada alkohol sama sekali, tapi kenapa anak ini jadi ngelantur gini… 

“Kon nglindur ta.. emange aku nyapo loh hahaha?” saya sms pake emoticon ketawa supaya lebih cair

” Dulu pas SMA awakmu ngajari aku komputer, akhire aku iso dadi programmer. Alhamdulillah iso sukses”

” wah yo syukur ” Saya jawab singkat. 

Benak saya berputar-putar. Terus terang saya udah lupa jasa apa ke dia hingga diingat terus sampe sekarang. Kayaknya kok seperti hutang nyawa aja.

Dulu memang saat SMA, ada ektsra komputer. Semuanya wajib ikut. Saat itu tahun 2003, di sebuah kecamatan kecil dimana komputer adalah barang mewah. Banyak diantara teman-teman sekelas yg baru pertama kali megang komputer ya saat ikut ekstra itu. Tentu banyak yg kesulitan. Kalo ada temen yang kesulitan saya bantu sekedarnya.. lha wong saya saat itu juga awam. Simple banget, copy file, buka word, buka excel, nyimpen file ke disket 3,5 floppy disk (hayoo anak sekarang mana tau ginian, tahunya kan USB flashdisk). Ya udah itu aja. 

Rupanya bagi seorang teman, hal sederhana yang saya lakukan begitu spesial di matanya. Begitu spesialnya hingga dia termotivasi untuk jadi ahli komputer. Setelah lulus dia kuliah di Jawa Tengaha, dan selanjutnya meniti karir sebagai seorang programmer. Dalam sms-sms beberapa hari kemudian dia cerita, kalo saya yg jadi inspirasinya menekuni ilmu komputer.

Haiyah.. saya bingung harus gimana waktu itu, mau diketawain kok ya dia serius penuh penghayatan. Mau terharu kok yo malu karena merasa tidak berbuat sesuatu yg hebat.

Akhirnya ya saya jawab sok bijak “Bersyukur ae dan terus tingkatkan kemampuan. Awakmu sukses iku yo mergo kerja kerasmu loh” .

Sambil dalam hati mbatin “pokoknya tiap kamu ke sini, kamu harus traktir saya nonton dan makan di resto. Inget kamu utang budi sama aku loh.. Huahahaha..”

Dan terngiang-ngiang ayat yg tertulis diawal. Apa yang saya lakukan sungguh sepele, tetapi pada akhirnya saya menerima balasan atas hal tersebut. Berlebih-lebih malahan. 

Ini jadi nasihat buat saya sendiri. Mau berbuat baik gak perlu nunggu kaya, nunggu sukses, nunggu punya jabatan. Lakukan apapun itu, semampunya, yg sepele, yg ringan. Insyaallah bakal menerima balasannya.

“Tapi mas, saya ini gak punya uang, minim skill dan pengetahuan, belum kerja lagi. Perbuatan baik apa yg bisa saya lakukan? “

Kamu bisa senyum kan? Kamu gak akan pernah tahu ada orang yang jadi semangat kalo liat senyum manismu..
*Eaaaa

Kalaupun tidak diterima sekarang, mungkin diterima di masa mendatang
Kalaupun tidak dari dia, mungkin melalui tangan orang lain
kalaupun tidak saya terima sendiri, mungkin diterima anak cucu saya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories