John Wick: Chapter 3 – Parabellum (Review Bagian 3)

Bagian 3 : Beladirinya

Duo Shinobi siap “menari”

Oleh Hafiiz Yusuf

“Keren parah. Sakit abis gak ada obatnya lagi”.
Begitu ucap seorang teman mengomentari adegan pertarungan pada film John Wick: Chapter 3-Parabellum. Yah, saya rasa tidak berlebihan. Adegan baku hantam dengan intensitas tinggi. Diramu dalam koreografi apik. Menyajikan pertarungan yang brutal sekaligus indah

Brutally Beautiful or Beautifully Brutal?

Adegan John VS geng China di gudang senjata pada awal film terlihat sangat brutal. Pistol, tangan kosong dan senjata tajam digunakan semua.

Saat di Ruska Roma, sekolah balet yang juga sekolah beladiri untuk assassin muda, diperlihatkan murid yang sedang berlatih gulat.  Saya bukan ahli beladiri, tapi menilik latar belakang Ruska Roma, kemungkinan beladiri tersebut adalah gulat Sambo Rusia. Sebuah beladiri modern yang dikembangkan pada era Uni Sovyet. Dasar gerakan Sambo dari gulat tradisional  ArmeniaGeorgiaMoldovaUzbekistanMongolia, dan Azerbaijan. “SAMBO” sendiri merupakan akronim dari SAMooborona Bez Oruzhiya, artinya “bela diri tanpa senjata”.

Sepanjang pertarungannya, John banyak sekali menggunakan teknik bantingan. Termasuk ketika melawan duo Shinobi. Kang Yayan dan Kang Cecep berkali-kali dibanting dan dilempar.
Ada cerita menarik saat syuting film ini. Cecep Arif Rahman sempat salah mengenakan pelindung pada punggungnya ketika melakoni adegan laga. Yayan Ruhian mengatakan, awalnya Cecep Arif Rahman menolak menggunakan pelindung saat melakoni adegan bantingan bersama Keanu Reeves itu.

“Saya bilang beberapa kali supaya Kang Cecep pakai safety. Setelah beberapa kali ngomong, Kang Cecep akhirnya memakai pelindung di sebelah kiri. Eh, tahunya dibantingnya sebelah kanan,” ujar Yayan Ruhian tertawa.

Melihat kejadian tersebut, Yayan Ruhian hanya bisa terus tertawa di pinggiran lokasi syuting film John Wick 3-Parabellum yang sebagian besar dilakukan di New York, Amerika Serikat.

Jurus Silat juga dipakai oleh dua Shinobi saat melawan John. Gaya “kembangan” tangan di awal duel jelas menunjukkan teknik khas silat. Oiya ada sapuan kaki juga, saya lupa ini dilakukan oleh Kang Yayan atau Kang Cecep.
Terus terang jika mencermati duel John vs Shinobi, kelihatan kalau gerakan dua Shinobi lebih cepat daripada gerakan John. Mengalir dan lebih tangkas. Ukuran tubuh shinobi yang lebih kecil juga membuatnya lebih lincah. John lebih unggul dari besar badan dan tenaga fisik. Karena itulah John bertarung dengn taktik bantingan.

Pada akhirnya John yang berhasil memenangkan pertarungan    


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories