John Wick: Chapter 3 – Parabellum (Review Bagian 4)

Bagian 4 : Senjatanya

Oleh Hafiiz Yusuf


SIG-Sauer P365

“Guns. Lots of Guns.
kalimat tersebut diucapkan John Wick dalam salah satu adegan John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019). Tapi itu bukan yang pertama kali. Keanu Reeves mengucapkan kalimat yang sama saat berperan sebagai Neo di film The Matrix (1999)

Judul filmnya saja sudah menyebut jenis senjata. Parabellum merupakan sebutan untuk salah satu jenis pistol. Luger P08, Pistole Parabellum 1908, Pistole 08, P08, atau Parabellum-Pistole (Pistol Parabellum) atau cukup disbut disebut “Luger” dirancang oleh Georg Luger (1849-1923). Istilah Parabellum sendiri berasal dari ungkapan dalam bahasa Latin: Si vis pacem, para bellum yang artinya jika kau mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang.

Banyak sekali jenis senjata yang dipakai dalam film ini. Senjata tajam mulai dari katana, pisau, dan golok. Sempat terlihat kelompok Shinobi menggunakan shuriken walau sekilas. Senjata lain yang dipakai ikat pinggang, buku dan kerambit.

Untuk senjata api yang digunakan pistol, senapan dan shotgun. Menurut saya, adegan paling menarik dari penggunaan pistol justru di awal film. John yang masuk di sebuah ruangan dengan berbagai koleksi senjata antik, kesulitan menemukan pistol yang cocok dengan pelurunya. Padahal musuh yang mengejar sudah makin mendekat.
Penggunaan shotgun dengan peluru yang menembus Kevlar sangat mengerikan. John menghabisi anggota pasukan elite High Table dengan senjata ini satu per satu. Kepala demi kepala.

Tentu saja, bagian yang saya tunggu adalah duo Shinobi bertarung menggunakan kerambit. Kerambit/Karambit/Karambiak,  disebut juga dengan kuku macan, merupakan senjata tajam tradisional dari Minangkabau. Bentuknya berupa pisau kecil dengan bilah melengkung. Digunakan dengan cara digenggam, sebagai alat menikam dan menyayat.

https://tokopedia.link/RHV5aFMIOW

Film Indonesia yang menampilkan kerambit setahu saya pertama kali adalah Merantau (2009). Tokoh utama yang berasal dari Bukittinggi ditampilkan sedang berlatih silat dengan menggunakan kerambit. Selanjutnya film The Raid 2 (2014), adegan pertarungan terakhir (Kitchen Fight) antara Rama dengan lawannya menggunakan kerambit.  

Dalam John Wick: Chapter 3, Duo Shinobi menggunakan kerambit untuk menyerang John bersama-sama. Dengan duel jarak dekat yang begitu intens, saling tukar pukulan, rasanya aneh melihat John Wick tidak tergores sedikitpun. Bajunya saja tidak. Tapi yah memang skenarionya begitu. Dalam pertarungan sesungguhnya, satu luka akibat sayatan kerambit bisa berakibat fatal.  Tepat ketika kerambit mengenasi sasaran, dengan memutar tangan maka efek robekan yang dihasilkan jadi lebih besar. Bagian dalam dari sasaran, seperti urat, usus dan lainnya menjadi putus. Luka akibat kerambit terlihat kecil dari luar, namun didalamnya, urat, nadi atau usus telah putus

Tangan kanan Yayan Ruhian menghunus kerambit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories