Kenapa Ujian Nyontek?

Oleh Hafiiz Y

” ini buat buat jajan”

Mengapa saat ujian siswa pada nyontek?

Karena orang lebih menghargai nilai bagus ketimbang kejujuran

Kenapa orang berani nyogok dan korupsi?

Karena orang lebih melihat hasil ketimbang proses.

Saya punya temen SMA, saat sekolah prestasi akademik biasa aja,  kadang dibully malah. Ketika kuliah IPK minimalis.  Sekarang jadi manajer pada sebuah Bank BUMN.  Teman – teman yg lain begitu takjub dan heran melihat dia sekarang.  Wah, hebat sudah jadi manajer,  wuih pasti gajinya gede, keren ya. Begitu rata-rata komentar teman yg lain.

Kaget, heran dan takjub. Kadang malah mengira dia nyogok atau KKN.  Mereka heran, orang yg dibully ketika sekolah bisa mencapai prestasi posisi tinggi.  Mereka heran, karena mereka cuman lihat hasil.  Mereka cuma tahu yg sekarang kelihatan. Yg mentereng, yang mewah.  Mereka heran karena mereka gak tahu prosesnya. 

Sebagai teman dekatnya saya gak heran, karena tahu prosesnya.  Saya tahu pengorbanan yang dilakukan. Kalo yang lain usahanya 100 persen, dia usaha 120 persen.  Ketika kuliah dia curhat ke saya betapa berat kuliahnya. Ambil semester pendek, pontang-panting ngerjain skripsi, sampe ngejar-ngejar dosen demi memperbaiki IPK-nya yg rendah. Dia udah berangkat ketika teman kostnya masih tidur.  Kerja juga gitu, mengawali dari posisi paling bawah,  merangkak naik dengan perjuangan dan keringat.  Sampai akhirnya di posisi sekarang. Barulah teman yg lain melihat dia yg udah di posisi bagus.  Takjub karena seangkatan kami umumnya masih staff, dia sudah manajer.

Usaha tidak pernah bohong. Kalo mau hasil maksimal usaha juga harus maksimal.  Tapi namanya orang kadang memandang yg lain lebih enak dari dirinya .  Istilahnya rumput tetangga lebih hijau. Orang Jawa bilang .. Wong iku sawang sinawang

Mungkin Rendy ngeliat saya enak, kerja di ruang ber AC, nyaman dan adem. Tapi saya liat Rendy lebih enak. Kerja ketemu orang banyak, bisa ngobrol, bisa cangkruk, ngopi, jalan-jalan, ketawa-ketiwi. Daripada kerjaan saya yang liat kertas melulu, duduk berjam-jam menatap monitor. Kalo selisih nyari angkanya bikin stress. 

So, jangan cuma lihat hasil akhir aja, karena dibalik itu ada proses dan usaha yang kita gak tahu.  Orang yang cuman liat hasil cenderung menghakimi dan bisa timbul rasa iri.  Mengetahui proses buat kita lebih memahami. 

Jangan lelah berusaha dan jangan lupa bahagia…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories