Meeting Penting Gak Penting

Oleh : Hafiiz Y

Dengan kemajuan teknologi, pertemuan antar orang bisa dilakukan lewat berbagai media. Chat, WhatsApp, teleconference, Sosmed, dll.  Tapi.. meeting tetap penting. Yang dimaksud meeting disini meeting in person. Ketemuan langsung.
Kenapa?
Karena teknologi ada distorsi. Yang tidak bisa disampaikan layar Xiaomi
Contoh : meet in person bisa melihat gesture dan emosi. Atau untuk mengambil keputusan penting, atau negosiasi. Ini perlu ketemu langsung. Jadi memang ada hal yg perlu ketemu langsung, ada yg tidak perlu.

Selanjutnya salah kaprah meeting. Ke belakang pakai kata rapat aja. Biar lebih familiar. Karena rapat dianggap penting, akhirnya malah semua-mua di-rapat-in. Ada yangg ikut tapi tidak tahu tujuan rapat. Ada juga agenda rapat tidak ditentukan. Atau bisa saja yang ikut rapat bukan orang yang seharusnya.

Woooi.. Ayo rapat-rapat, dapet makan siang, snack-nya enak dll.

Salah kaprah kedua. Meeting harus lama. Sekian menit, sekian jam, supaya dapat disebut rapat. Orangnya banyak, bawa tim. Semua pegawai ikut.  Malah ternyata hanya mendengarkan pengumuman. Dan tidak ada tindak lanjut dari rapat.
Jika menyampaikan informasi sebenarnya cukup perwakilan saja. Team yg lain dapat kembali bekerja. Toh nanti hand out rapat bisa dibagikan.

So, yang paling penting adalah tujuannya. Apa sih tujuan rapat ini. Kenapa kudu rapat meet in person. Selanjutnya baru dipikirkan, siapa saja yang perlu hadir, apa agenda rapat, keputusan apa yang akan diambil, dan terakhir follow up dari keputusan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories