September 15, 2009 | Posted in:Motivasi

Puyeng, kalut tak mampu berpikir jernih. Tak usah cemas, urai benang kusut yang menggayut di benak dengan mengikuti saran beberapa pakar di bawah ini:
George Witkin PhD, Kepala Program Stres di Mount Sinai School of Medicine, New York.

Memiliki masalah dengan migren, Witkin menduga penyakit yang diidapnya muncul lantaran jadwal yang kelewat ketat. “Saya tak punya waktu untuk mengurus diri saya sendiri,” tukas Witkin. Ia bangkit dari keterpurukan dengan meluangkan waktu sekitar dua puluh menit setiap hari, meski pekerjaannya belum rampung. Witkin pun mulai peduli dengan kesehatannya. Jika otot-ototnya mulai tegang, ia menghitung mundur mulai angka 30 sampai 1, dan bernapas seperti bayi. “Saya bernapas dalam-dalam dan membiarkan perut naik–turun perlahan. Hasilnya, saya tak butuh lagi aspirin,” ujarnya lega.

Richard Carlson PhD, pengarang “Don’t Sweat the Small Stuff”

Menjalani hidup apa adanya adalah cara Carlson mengusir stres. “Saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa hidup sangatlah berharga,” ujar Carlson. Baginya, dengan menerima ketidaksempurnaan ia bisa bebas dari stres. “Semakin saya mampu menerima segala sesuatu apa adanya, saya semakin bahagia.” Carlson percaya membantu orang lain merupakan cara efektif. “Semakin tidak egois semakin berkurang stres yang saya alami.”

Louise Carlson, dosen dan pengarang “You Can Heal Your Life” dan “Empowering Woman”

“Stres benar-benar menakutkan,” ujar Hay. Ketika ia dihadapkan dengan ketidakpastian, ia memikirkan hal-hal seperti: “Hasil yang baik akan selalu muncul dalam setiap pengalaman. Meluruskan kembali pikiran, membantu Hay merasa tenang dan menghilangkan gangguan dalam pikirannya. “Kita selalu berkomunikasi dengan diri kita sendiri, dan semakin kita bisa mengatakan bahwa sesuatu itu positif, maka segala sesuatu akan semakin baik.” Bagi Hay, yang berusia 74 tahun, berkebun juga menghilangkan stres. “Ketika saya mencabut rumput, saya juga mencabut pikiran negatif dari kepala saya,” kata Hay. Menurutnya, diam selama lima sampai sepuluh menit juga merupakan cara efektif. “Dengan berdiam diri bisa memunculkan jawaban ke permukaan.”

Bernie Siegel MD, pengarang “Precsriptions for Living”

Menurut Siegel, masalah muncul dari diri sendiri. Ia sendiri yang menciptakan perasaan yang ia miliki. Menurut Siegel, menghilangkan stres berarti mengubah hidup dan sikap. Untuk membunuh stres, Siegel menyarankan melakukan hobi atau pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan. “Melukis membuat saya melupakan masalah saya,” ujar Siegel. “Punggung saya mungkin akan terasa capek, tetapi ketika saya mengoleskan kuas ke kanvas, rasa capek itu akan hilang.”

Joseph Bailey, psikolog dan pengarang “The Speed Trap”

Bagi Bailey, kunci untuk menghilangkan stres adalah dengan bertanggungjawab atas apa yang membuat stres. “Stres merupakan tanda kalau kita tidak menggunakan pikiran dengan benar,” jelasnya. Selain selalu mengontrol stres, Bailey menyarankan mengembangkan kekebalan pada stres. Dengan menyadari perasaan dan konflik yang ada, hal ini memungkinkan untuk mengontrol dan melawan stres.

Lucinda Basset, pengarang “From Panic to Power”, ia sekaligus presiden Ohio Midwest Centre for Stres and Anxiety

Selama bertahun-tahun Basset mengalami kegelisahan yang hebat. Ia menyadari dengan memilih bagaimana bereaksi menghadapi situasi penuh tekanan. Ia memiliki tiga pilihan: menghindari situasi tersebut, mengubahnya atau tidak bereaksi. Dua pilihan pertama memang tidak mungkin. Misalnya, Anda menyukai pekerjaan Anda, tetapi sangat membenci bos. Anda tidak mungkin menghindari penyebab stres ini dengan berhenti bekerja. Tetapi pilihan ketiga selalu didasarkan pada kontrol. Kita bisa tidak bereaksi dengan keadaan yang ada hanya dengan mengubah sikap kita. (Dedy Wijaya, Spsi/Intisari)

Sumber: KCM

Be the first to comment.

Leave a Reply

*


ERROR: si-captcha.php plugin says GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why GD image support is not enabled for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin says imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why imagepng function is not enabled for PHP.


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>