Reddoorz (2)

Mengenal startup bisnis penginapan

Pada bulan Agustus 2018 RedDoorz membuka kamarnya di Banjarmasin. Ekspansi ke Banjarmasin diawali pada Juli-Agustus 2018 dengan membuka 3 lokasi penginapan. ( hingga Oktober 2018 sekarang ini sudah bertambah menjadi total 4 lokasi penginapan). Sebelumnya perlu penulis jelaskan bahwa RedDoorz ini bukan nama hotel. RedDoorz adalah perusahan startup berbasis teknologi yang bergerak di bidang jasa penginapan.

Model bisnisnya adalah sebagai perusahaan penyedia jasa sewa kamar. Yang menyediakan layanan penginapan kepada konsumen dengan cara konsumen memesan kamar melalui aplikasi/website. RedDoorz tidak memiliki bangunan properti hotel. Jadi mereka bekerjasama dengan hotel/losmen/ guest house untuk menyewakan kamar mereka pada konsumen RedDoorz.

Setelah konsumen memesan kamar melalui aplikasi atau website dan melakukan pembayaran, maka konsumen akan diberitahu lokasi hotel dimana kamar tersebut berada. Konsumen dapat menuju ke hotel dimaksud dan melakukan check-in seperti biasa. Dengan menunjukkan bukti invoice pemesanan RedDoorz.

Keunggulan RedDoorz adalah harganya yang murah. Tarif sewa kamar per malam melalui aplikasi RedDoorz di Banjarmasin adalah Rp. 99.000-133.000. Tarif tersebut jauh lebih murah daripada harga hotel bintang 2 yang kurang lebih Rp. 300.000. Sedangkan fasilitasnya relatif sama.
(artikel ini ditulis pada Oktober 2018, harga dan kondisi mengacu pada saat itu)

Mengapa bisa memberikan tarif murah? Karena RedDoorz pada dasarnya bukan hotel, Hanya menyewakan kamar hotel saja. Perusahaan ini memanfaatkan tingkat okupansi kamar hotel  yang tidak pernah penuh 100 persen. Hotel merasa diuntungkan karena mendapat uang sewa dari RedDoorz atas kamar mereka yang kosong. Kamar kosong pada hotel tetap mengeluarkan biaya operasional, daripada tidak menghasilkan, maka manajemen hotel bekerjasama untuk menyewakan kamarnya kepada RedDoorz. Untuk selanjutnya disewakan kembali oleh RedDoorz kepada konsumen

Seperti deskripsi awal, bahwa RedDoorz menghubungkan pemilik properti dengan traveler. Hal ini mirip dengan transportasi online seperti Gojek atau Grab. Dimana bidang RedDoorz adalah jasa penginapan. Walaupun murah RedDoorz memberikan standar pelayanan minimal kepada konsumennya. Fasilitas yang akan didapatkan ketika menginap di RedDoorz adalah : 1. Linen Bersih 2. Kamar Mandi Bersih 3. Perlengkapan Mandi 4. TV 5. WiFi Gratis  6. Air Mineral. Baik itu mendapatkan kamar di hotel atau di losmen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Archives
Categories