August 7, 2009 | Posted in:Motivasi

Terjun bermasyarakat ibarat kita barusaja melakukan terjun payung di udara bebas, perlu bekal kuat dan keyakinan untuk mengerjakannya.

Ketika parasut telah berkembang anda tinggal merasakan indahnya pemandangan alam yang dari langit yang sangat indah. Sama halnya saat anda sudah bisa merasakan indahnya hidup tertetangga atau bermasyarakat. Kerukunan yang tercipta akan menghadirkan saudara-saudara baru yang menyayangi anda. Bagaiman menyiapkan diri tersebut? Berikut tips buata anda agar tidak ytakut bersosialisasi:

1: PERCAYA DIRI
Tumbuhkan rasa percaya diri anda saat menghadapai tetangga atau lingkungan sekitar. Meskipun demikian, tidak perlu memaksakan diri untuk selalu terlihat bersama kemana mana hanya demi dibilang kompak.

2: MENGASAH KECERDASAN SOSIAL
Cerdas secara sosial berarti mampu membaca dan mengenali emosi orang lain agar bisa menghadapi berbagai karakter yang berbeda. Untuk terjun bermasyarakat. Karena karakteryang berbeda beda dari masyarakat sekitar harus dihadapi dengan sikap yang berbeda pula, dan kita di haruskan bisa mengimbanginya.

3: MEMATANGKAN KEPRIBADIAN
Menyadari kelebihan dan kekurangan diri sendiri merupakan salah satu anda siap mengendalikan diri. Kepribadian yang matang menunjukkan kualitas dan kedewasaan diri anda.

4: TAKPERLU BANYAK KOMENTAR
Anda tidak perlu berkomentar terlalu banyak tentang lingkungan anda, cukuplah menjadi pemerhati yang baik.Simpan dulu apa yang anda lihat dan dengar dalam memory anda. Tak banyak bicara bukan berarti tidak aktiv dalam lingkungan sekitar. Jangan sampai anda di nilai sombong atau antisosial gara gara tidak tahu budaya masyarakat sekitar di lingkungan anda.

5: MENJADI PRIBADI YANG FLEKSIBEL
Anda tidak perlu bersikap terlalu kaku dan membatasi diri dalam berbaur dengan masyarakat sekitar. Bersikaplah fleksibel namun tetap tegas.

6: MENJADI PR YANG ATRAKTIF
tanamkan kesan bersahabat kepada lingkungan anda. Besikaplah terbuka kepada mereka.

7: BERGURU PADA MASYARAKAT
Anggaplah masyarakat sekitar adlah sekolah dan anda adalah muridnya. Anda bisa memilih salah satu warga masyarakat sebagai guru anda dalam bersosialisasi. Tapi perlu diingat, jangan pernah mengenal seorang sahabat hanya berdasarkan materi. Bagaimanapun juga, darisekian lama anda bermasyarakat, anda pasti bisa memilah dan memilih serta melihat mana orang yang benar benar tulus dan mana yang sekedar lip service kepada anda.

8: MEMBERI MANFAAT KEPADA TETANGGA SEKITAR
setelah anda bisa menyesuaikan diri dan merasa nyaman hidup bersama dilingkungan anda sekarang, cobalah untuk menjadi warga yang bermanfaat bagi sesama. bagaimanapun juga tanpa persiapan yang matang anda tidak akan mungkin bisa nyaman hidup bermasyarakat.

Manusia adalah mahkluk sosial bukan individu, dan kita di tuntut untuk bertetangga karena dengan itu kita bisa merasakan indahnya suatu kebersamaan.
Semoga ini semua bisa bermanfaat dan bisa menjadi bekal buat anda terjun ke masyarakat kelak.
Tunggu apa lagi…????
Selamat bersosialisasi….

DI AMBIL DARI MAJALAH ANGGUN

SEMOGA BERMANFAAT
AMIN YAA RABBAL ALAMIN

Tulisan ini di Rangkum oleh : CHI ATIEK ICUS ( suci_jajar@yahoo.co.id)
dikirim ke saya melalui email nuhan@telkom.net

Be the first to comment.

Leave a Reply

*


ERROR: si-captcha.php plugin says GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why GD image support is not enabled for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin says imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why imagepng function is not enabled for PHP.


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>