Silaturahmi itu penting tapi…

foto :
https://www.geekwire.com/2018/mixing-friendship-business-women-tech-can-better/

Dalam “silaturahmi” terdapat kata “silat”
Yang berarti gebuk-gebukan hahahaha. Banyak cara orang menjaga silaturahmi. Saya sendiri punya cara yang menurut saya paling pas.

Jaga “inner circle” tetap kecil.
Lingkar pertemanan akrab saya gak terlalu banyak sih. Terbatas di temen desa, temen sekolah, dan temen kerja. Gak banyak teman akrab yang asalnya dari luar lingkungan diatas. Inner circle gini prosesnya lama, melewati masa susah senang. Jadinya ya gak terlalu banyak. Selain saya yg emang rada introvert.
Percayalah, lebih enak punya temen sedikit yang solid, daripada temen banyak tapi sengak.

Kembangkan relasi dan networking seluas-luasnya.
Pliss hare gene, dengan mobilitas saya yg kayak bus AKAP (Antar Kota Antar Pulau), punya kenalan banyak jadi penting. Dari sekedar tanya “Mas, Lion JT-XXX telat gak?” Hingga minta bantuan ” pak, saya tolong dijemput jam 4 pagi ya di rumah Brobyong”.
Saya sering banget dapet informasi dan bantuan dari para kenalan ini. Saat ini kita pastinya menempati posisi kan. Entah kerja kantoran, dagang, profesional, ibu rumah tangga, kuliah dll. Gunakan posisi saat ini untuk memperluas relasi. Manfaatkan segala kesempatan untuk nambah kenalan. Waktu nambal ban, ngopi di warkop, ikut seminar/workshop, rental warnet, ngobrol di grup WA dll .. luaaaas..
Kemaren saya ke warkop, ngobrol singkat dengan seseorang dari perusahaan swasta terkenal. Dia cerita kalo banyak pensiunan PNS yg masuk ke perusahaan dia. Bahkan ada sebagian yg belum pensiun berani resign.
Saya heran, karena kalo udah pensiun kan usia sudah sepuh. Sudah melewati masa produktif. Mau ngapain di perusahaan..
“Memang, karena itu mereka posisinya sebagai analis atau pemeriksa. Ada juga yang konsultan. Perusahaan butuh pengalaman mereka mas.” Jawabnya.

Jaga para “agen rahasia” tetap dekat, tak terlihat dan senyap.
Sudahlah, saya yakin masing-masing dari kita punya agen rahasia. Kenalan yang bantuin berbagai urusan. Baik secara legal atau ilegal. Secara terbuka atau dibawah meja. Teman-teman yg beginian kebanyakan dari inner circle. Yang sudah saling percaya sejak lama. Mulai dari transaksi keuangan, by pass urusan, hingga info2 ring 1. Tapi ada pula yang baru kenal dan karena punya kepentingan bersama jadinya cepat akrab.

Jaga para “agen rahasia” tetap dekat, tak terlihat dan senyap.
Sudahlah, saya yakin masing-masing dari kita punya agen rahasia. Kenalan yang bantuin berbagai urusan. Baik secara legal atau ilegal. Secara terbuka atau dibawah meja. Teman-teman yg beginian kebanyakan dari inner circle. Yang sudah saling percaya sejak lama. Mulai dari transaksi keuangan, by pass urusan, hingga info2 ring 1. Tapi ada pula yang baru kenal dan karena punya kepentingan bersama jadinya cepat akrab.

Jadi silaturahmi itu penting tapi,…. gak pke tapi-tapian silaturahmi itu penting, titik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.

Archives
Categories